Cocokkan angka-angka berikut – Albert Einstein, Thomas Edison, Guglielmo Marconi, Alfred Nobel dan Nikola Tesla – dengan fakta biografi berikut:

  • Berbicara delapan bahasa
  • Menghasilkan motor pertama yang berjalan dengan arus AC
  • Mengembangkan teknologi yang mendasari komunikasi nirkabel jarak jauh
  • Memegang sekitar 300 paten
  • Mengklaim telah mengembangkan “senjata super” yang akan mengakhiri semua perang

Pertandingan untuk masing-masing, tentu saja, adalah Tesla. Terkejut? Kebanyakan orang telah mendengar namanya, tetapi hanya sedikit yang tahu tentang tempatnya dalam sains dan teknologi modern.

Pembukaan film biografi baru Tesla memberikan kesempatan tepat waktu. Untuk mengulas kehidupan seorang pria yang datang entah dari mana namun menjadi terkenal di dunia; mengaku mengabdikan diri hanya untuk penemuan tetapi menikmati peran sebagai pemain sandiwara; menarik perhatian banyak wanita tetapi tidak pernah menikah; dan menghasilkan ide-ide yang mengubah kehidupan sehari-hari dan menciptakan banyak kekayaan tetapi mati hampir tanpa uang.

Tahun-tahun Awal

Tesla lahir di tempat yang sekarang disebut Kroasia pada malam musim panas tahun 1856. Selama apa yang dia klaim sebagai badai petir. Yang membuat bidan berkata, “Dia akan menjadi anak badai,” dan ibunya membantah secara nubuat, ” Tidak, dari terang. ” Sebagai seorang siswa, Tesla menunjukkan kemampuan luar biasa untuk menghitung masalah matematika sehingga guru menuduhnya melakukan kecurangan. Selama masa remajanya, dia jatuh sakit parah, sembuh setelah ayahnya mengabaikan tuntutannya agar Nikola menjadi seorang pendeta. Dan setuju dia bisa bersekolah di sekolah teknik.

Meskipun merupakan siswa yang berprestasi, Tesla akhirnya mengundurkan diri dari sekolah politeknik. Dan akhirnya bekerja untuk Perusahaan Continental Edison, beliau fokus pada penerangan listrik dan motor. Ingin bertemu Edison sendiri, Tesla berimigrasi ke AS pada tahun 1884, dan kemudian beliau mengklaim bahwa beliau mendapat tawaran uang sejumlah US $50.000. Jika beliau dapat menyelesaikan serangkaian masalah teknik yang dihadapi perusahaan Edison. Setelah mencapai prestasi tersebut, Tesla mengatakan bahwa beliau kemudian tahu bahwa tawaran itu hanyalah lelucon. Dan beliau meninggalkan perusahaan setelah enam bulan.

Tesla kemudian mengembangkan hubungan dengan dua pebisnis yang mengarah pada berdirinya Tesla Electric Light and Manufacturing. Beliau mengajukan sejumlah paten listrik, yang beliau berikan ke perusahaan. Ketika mitranya memutuskan bahwa mereka hanya ingin fokus pada penyediaan listrik, mereka mengambil kekayaan intelektual perusahaan. Dan mendirikan perusahaan lain, sehingga Tesla tidak punya apa-apa.

Tesla melaporkan bahwa beliau kemudian bekerja sebagai penggali parit seharga $2 sehari. Tersiksa oleh perasaan bahwa bakat dan pendidikannya yang hebat akan sia-sia.

Sukses sebagai Penemu

Pada tahun 1887, Tesla bertemu dengan dua investor yang setuju untuk mendukung pembentukan Tesla Electric Company. Beliau mendirikan laboratorium pada kota Manhattan, beliau mengembangkan motor induksi arus bolak-balik. Yang memecahkan sejumlah masalah teknis yang mengganggu desain lain. Ketika Tesla mendemonstrasikan perangkatnya pada pertemuan teknik. Perusahaan Westinghouse membuat pengaturan untuk melisensikan teknologi. Memberikan pembayaran langsung dan royalti untuk setiap tenaga kuda hasil dari perusahaan tersebut.

Apa yang terbilang “War of the Currents” berkecamuk pada akhir tahun 1880-an. Thomas Edison mempromosikan arus searah, menyatakan bahwa itu lebih aman daripada AC. George Westinghouse mendukung AC, karena dapat menyalurkan listrik jarak jauh. Karena keduanya saling menurunkan harga satu sama lain, Westinghouse kekurangan modal. Beliau menjelaskan kesulitannya dan meminta Tesla untuk menjual patennya kepadanya dengan harga satu kali pembayaran. Yang Tesla setujui, melepaskan apa yang akan menjadi kekayaan besar jika beliau memegangnya.

Dengan World’s Columbian Exposition of 1893 yang menjulang pada kota Chicago, Westinghouse meminta Tesla untuk membantu memasok listrik. Mereka akan memiliki platform besar untuk mendemonstrasikan keunggulan AC. Tesla membantu pameran menerangi lebih banyak bola lampu daripada yang biasa terlihat pada seluruh kota Chicago. Dan memukau penonton dengan berbagai keajaiban, termasuk lampu listrik yang tidak memerlukan kabel. Kemudian Tesla juga membantu Westinghouse memenangkan kontrak. Untuk menghasilkan tenaga listrik Air Terjun Niagara, membantu membangun pembangkit listrik AC skala besar pertama dunia.

Tantangan Tesla Sepanjang Jalan

Tesla menemui banyak kendala. Pada tahun 1895, laboratorium Manhattan-nya hancur oleh api, yang menghancurkan catatan dan prototipe miliknya. Madison Square Garden pada tahun 1898. Ia mendemonstrasikan kontrol nirkabel atas sebuah kapal, sebuah aksi yang banyak mengecap sebagai tipuan. Segera setelah beliau mengalihkan perhatiannya ke transmisi nirkabel tenaga listrik. Beliau percaya bahwa sistemnya tidak hanya dapat mendistribusikan listrik ke seluruh dunia tetapi juga menyediakan komunikasi nirkabel ke seluruh dunia.

Mencoba menguji idenya, Tesla membangun laboratorium berlokasi pada Colorado Springs. Laboratorium itu pernah menarik begitu banyak listrik sehingga menyebabkan pemadaman listrik regional. Beliau juga mendeteksi sinyal yang klaimnya berasal dari sumber luar angkasa. Pada tahun 1901 Tesla membujuk J.P. Morgan untuk berinvestasi dalam pembangunan menara pada kota Long Island yang yakin akan membuktikan rencananya untuk mengguncang dunia. Namun impian Tesla tidak terwujud, dan Morgan segera menarik dana.

Tahun 1909, Marconi menerima Hadiah Nobel untuk pengembangan radio. Lalu setelahnya tahun 1915, Tesla tidak berhasil menggugat Marconi, mengklaim pelanggaran atas patennya. Saat tahun yang sama, ada kabar bahwa Edison dan Tesla akan berbagi Hadiah Nobel, tetapi itu tidak terjadi. Spekulasi yang tidak berdasar menunjukkan bahwa permusuhan timbal balik mereka adalah penyebabnya. Namun, Tesla memang menerima banyak penghargaan dan penghargaan selama hidupnya, termasuk, ironisnya, Medali Edison Institut Insinyur Listrik Amerika.

Seorang Pria Tunggal

Tesla adalah orang yang luar biasa. Beliau berkata memiliki ingatan fotografis, yang membantunya menghafal seluruh buku dan berbicara delapan bahasa. Beliau juga mengklaim bahwa banyak dari ide-ide terbaiknya datang kepadanya dalam sekeja. Dan bahwa beliau melihat gambar-gambar rinci dari banyak penemuannya dalam benaknya sebelum beliau mulai membuat prototipe. Akibatnya, awalnya beliau tidak menyiapkan gambar dan rencana untuk banyak perangkatnya.

Tesla setinggi 6 kaki 2 inci menjadi sosok yang gagah dan populer kalangan wanita, meskipun tidak pernah menikah. Mengklaim bahwa selibatnya memainkan peran penting dalam kreativitasnya. Mungkin karena penyakitnya yang hampir fatal saat remaja, ia takut akan kuman dan mempraktikkan kebersihan yang sangat ketat. Yang kemungkinan besar menjadi penghalang bagi perkembangan hubungan antarpribadi. Beliau juga menunjukkan fobia yang tidak biasa, seperti keengganan pada mutiara. Yang membuatnya menolak untuk berbicara dengan wanita mana pun yang memakainya.

Tesla berpendapat bahwa gagasan terbesarnya datang kepadanya dalam kesendirian. Namun beliau bukanlah seorang pertapa. Bersosialisasi dengan banyak orang paling terkenal pada zamannya pada pesta makan malam elegan yang beliau selenggarakan. Mark Twain sering mengunjungi laboratoriumnya dan mempromosikan beberapa penemuannya. Tesla menikmati reputasi tidak hanya sebagai insinyur dan penemu yang hebat, tetapi juga seorang filsuf, penyair, dan ahli. Pada ulang tahunnya yang ke-75 ia menerima surat ucapan selamat dari Einstein dan tampil pada sampul majalah Time.

Tahun-tahun Terakhir Tesla

Dalam imajinasi populer, Tesla berperan sebagai ilmuwan gila. Beliau mengklaim bahwa telah mengembangkan sebuah motor yang berjalan pada sinar kosmik; bahwa juga mengerjakan fisika non-Einsteinian baru yang akan menyediakan bentuk energi baru; juga telah menemukan teknik baru untuk memotret pikiran; dan juga telah mengembangkan sinar baru, secara bergantian memberi label sinar kematian dan sinar perdamaian. Dengan potensi militer yang jauh lebih besar daripada amunisi Nobel.

Uangnya sudah lama hilang, Tesla menghabiskan tahun-tahun terakhirnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain, meninggalkan tagihan yang belum terbayar. Akhirnya, Tesla menetap pada sebuah hotel sebuah lokasi dalam New York, sewanya terbayar oleh Westinghouse. Selalu hidup sendiri, sering mengunjungi taman setempat, beliau secara teratur terlihat memberi makan. Dan merawat merpati, yang dengannya mengaku memiliki kedekatan khusus. Pada pagi hari 7 Januari 1943, Tesla tewas dalam kamarnya oleh pelayan hotel pada usia 86 tahun.

Saat ini nama Tesla masih sangat banyak beredar. Bandara kota Beograd menyandang namanya, seperti halnya mobil listrik terkenal sedunia. Dan kekuatan medan magnet pemindai MRI memakai satuan Teslas. Tesla adalah Prometheus kehidupan nyata: titan mitos Yunani yang menyerbu surga untuk membawa api bagi umat manusia. Namun dalam hukuman bahwa harus terikat ke batu tempat setiap hari seekor elang memakan hatinya. Tesla mencapai ketinggian yang sangat tinggi untuk menurunkan kilat ke bumi. Namun pikirannya yang langka dan kebiasaannya yang tidak biasa akhirnya menyebabkan kejatuhannya. Membuatnya hampir tidak punya uang dan sendirian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *